METODE PENELITIAN KUANTITATIF

Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode. Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban. Hakekat penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk melakukan penelitian. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda, di antaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing. Motivasi dan tujuan penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan manusia yang selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu.  Keinginan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan kebutuhan dasar manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian.

Metode penelitian kuantitatif memiliki cakupan yang sangat luas. Secara umum, metode penelitian kuantitatif dibedakan atas dua dikotomi besar, yaitu eksperimental dan noneksperimental. Eksperimental dapat dipilah lagi menjadi eksperimen kuasi, subjek tunggal dsb. Sedangkan noneksperimental berupa deskriptif, komparatif, korelasional, survey, ex post facto, histories dsb.

Untuk kepentingan pembelajaran, materi yang akan dibahas dalam Metode Penelitian Kuantitatif dapat diunduh pada attachment berikut ini:

General Overview

MODUL INTRODUCTION DAN RENCANA PERKULIAHAN

SESI 1 – ANATOMI ILMU DAN FILSAFAT PENELITIAN KUANTITATIF

SESI 2 – VARIABEL PENELITIAN

SESI 3 New- RUMUSAN MASALAH PENELITIAN

SESI 4 New – TELAAH PUSTAKA DAN HIPOTESIS

SESI 4 – JENIS PENELITIAN KUANTITAIF

SESI 5&6 – TEKNIK PENELITIAN DAN MENYUSUN INSTRUMEN PENELITIAN

TUGAS 1

MATERI PASCA UTS:

SESI 7 – TEKNIK SAMPLING

SESI 8 – SUMBER DAN METODE PENGUMPULAN DATA

SESI 9 – INTEPRETASI DAN ANALISIS DATA

bahan-untuk-contoh-kasus-spss

TUGAS STUDI KASUS BEDAH SKRIPSI REGULER